PERUBAHAN SOSIAL DARI ZAMAN DULU HINGGA SEKARANG

PERUBAHAN SOSIAL DARI ZAMAN DULU HINGGA SEKARANG

Perubahan zaman tradisional hingga modern.

Menurut saya, perubahan sosial adalah sebuah perubahan yang akan terjadi dikarenakan suatu hal yang membuat masyarakat suatu daerah meninggalkan kebiasaan lama dan memakai kebiasaan baru dengan waktu yang cepat ataupun lambat. 

Perubahan sosial dipengaruhi oleh adanya budaya baru yang masuk ke daerah tertentu yang membuat masyarakat daerah tersebut menggunakan atau mengadopsi budaya tersebut menjadi budaya mereka. 

Dari budaya yang masuk hingga mengadopsi budaya tersebut masyarakat secara tidak langsung menggunakan sistem modernisasi yang dimana masyarakat tersebut melakukan perubahan wujud atau transformasi secara menyeluruh terhadap kehidupan dalam masyarakat yang bersifat tradisional ke modern seperti zaman sekarang ini.

Perubahan sosial terjadi karena beberapa faktor yaitu internal dan eksternal, faktor internal yaitu dikarenakan struktural masyarakat terhadap turunnya harga dari sembako sehingga petani menjual bahan baku ke pabrik dengan harga yang mahal. 

Faktor eksternal yaitu adanya pengaruh dari budaya luar yang membuat masyarakat setempat tidak mau ketinggalan kemajuan dengan daerah lain. 

Perubahan komunikasi zaman dulu dan zaman sekarang

Faktor kemajuan teknologi juga mempengaruhi perubahan sosial terhadap masyarakat, bagaimana tidak karena hanya menggunakan smartphone kita dapat mengakses apapun yang terdapat didunia ini.
Alat komunikasi bisa dibagi berdasarkan pada zaman penggunaannya, yaitu alat komunikasi tradisional dan alat komunikasi modern. Alat komunikasi merupakan sarana penting untuk menunjang kelancaran aktivitas sehari-hari.


Alat komunikasi masa dulu membutuhkan waktu lama salam mengantar pesan. Sementara alat komunikasi masa sekarang dapat menyampaikan pesan secara seketika. Alat komunikasi masa dulu bersifat manual, dengan tulisan atau isyarat. Alat komunikasi masa sekarang bersifat digital dan menggunakan alat elektronik.

Dengan perkembangan jaman yang terjadi tentu saja sebuah transformasi dari jenis alat komunikasi terus mengalami perubahan. Perbedaan antara alat komunikasi tradisional dan modern sangat besar. Jika jaman dahulu proses komunikasi masih dilakukan dengan penuh keterbatasan, maka kini proses komunikasi jauh lebih advance karena sudah bisa menjangkau seluruh dunia.


Perbedaan rumah zaman dulu dan sekarang

Zaman dulu, desain rumah masih mengikuti gaya jaman kuno, namun seiring perkembangan zaman, selera masyarakat terus berubah.

Zaman dulu rumah hanya difungsikan sebagai tempat beristirahat yang nyaman dan bersifat pribadi. Dari segi desain, rumah jaman dulu cenderung memiliki atap segitiga yang menjulang tinggi, memiliki halaman yang luas, plafonnya tidak terlalu tinggi, dan hanya memiliki satu lantai, jika ada yang dua lantai rumah tersebut mungkin hanyalah milik konglomerat.tetapi bertambahnya perubahan sosial ini lah yang menjadikan perbedaan rumah semakin maju,tidak hanya konglomerat saja yang mempunyai rumah bagus tetapi masyarakat lain pun juga bisa mempunyai rumah mewah.

Rumah Limas adalah rumah tradisional berbentuk limas yang dibuat dengan gaya panggung. Bangunan khas daerah Palembang ini dibangun bertingkat. Kumpulan tingkat-tingkatnya disebut masyarakat sebagai Bengkalis yang memiliki makna tersendiri. Rumah ini sering digunakan sebagai tempat pesta pernikahan dan acara adat.

Hampir seluruh bagian dari Rumah Limas terbentuk dari kayu. Pemilihan kayu dilakukan bukan tanpa sebab, namun menyesuaikan dengan karakter kayu dan kepercayaan masyarakat di Sumatera Selatan. Uniknya, jenis kayu-kayu yang digunakan merupakan kayu unggulan dan dikabarkan hanya tumbuh subur di daerah yang beribukota di Palembang.

Salah satu rumah adat yang cukup populer di Pulau Jawa adalah rumah adat Joglo. Rumah adat ini berasal dari daerah Jawa Tengah.
Selain indah dan unik, rumah adat Joglo juga memiliki makna dan filosofi.

Rumah adat Joglo merupakan rumah tradisional yang memiliki material utama dari kayu jati. Biasanya Joglo dibangun oleh masyarakat dengan status sosial tinggi seperti kalangan bangsawan atau kerajaan, karena membutuhkan biaya yang besar.

Perubahan transportasi zaman dulu dan sekarang
Kendaraan menjadi salah satu bentuk alat transportasi yang memudahkan perjalanan manusia dari suatu tempat ke tempat yang lain. Alat Transportasi bukan hanya ada pada zaman modern seperti sekarang ini, melainkan sudah ada sejak zaman dahulu. Namun bentuknya yang masih sederhana dan umumnya menggunakan bantuan tenaga manusia.

Lalu Bagaimana bentuknya? Bagaimana perkembangannya? Berikut beberapa transformasi kendaraan dari masa ke masa.

Pada zaman dahulu, dimana teknologi belum ditemukan canggih seperti saat ini, alat transportasi darat menjadi salah satu hal yang sangat diandalkan.

Bermodalkan bantuan hewan salah satunya kuda terciptalah pedati, delman, andong dan sejenisnya yang berfungsi sebagai alat Transportasi yang membantu dalam pemindahan barang-barang. Tidak hanya itu, alat Transportasi ini juga digunakan untuk manusia dalam menempuh perjalanan ke suatu daerah walaupun masih membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Lalu muncullah sepeda pertama yang belum memiliki pedal atau kayu. Kemudian seseorang yang berasal dari Skotlandia menemukan pedal atau kayu pertama untuk sepeda pada roda belakang. Pada masa itu sepeda merupakan alat transportasi yang sudah cukup modern.

Setelah itu terciptalah sepeda motor yang menggunakan mesin dan bahan bakar, disusul dengan mobil roda 3, roda 4 hingga beroda 10 untuk kategori truk yang dapat mengangkut banyak barang bawaan.

Bukan hanya motor dan mobil, alat transportasi kendaraan darat adalah kereta yang dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang cukup pesat bahkan memiliki kecepatan yang luar biasa. Hal ini tentu memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehingga efektif dan efisien.

Perubahan perabotan rumah tangga zaman dahulu dan zaman sekarang
perubahan sosial memanglah ada dari masa ke masa yaitu salah satunya perubahan wadah minum zaman dulu ke zaman sekarang yang pada umumnya zaman dulu itu terbuat dari bahan yang sangat sederhana yaitu tanah liat yang pada dasarnya tanah liat memiliki ciri khas tersendiri yaitu bisa membuat air terasa lebih segar,dingin pas diminum tetapi dengan adanya perubaahan zaman alat minum zaman dahulu pun atau bisa disebut kendi sudah langka sekali ada yang melestarikan kendi yang terbuat dari tanah liat itu pun cuma beberapa saja yang mengolah pun orangnya sudah sudah tua reta satu satunya penerusnya adalah keturunanya namun, anak muda dizaman sekarang memilih untuk merantau ketimbang meneruskan budidaya kendi dari tanah. 


Dan sekarang sudah tergantikan oleh alat minum zaman sekarang yaitu teko yang mana teko itu terbuat dari bahan dasar plastik yang mudah dibuat dan sangat praktis sekali bagi zaman sekarang,dikarenakan apa?bahan baku zaman dulu sudahlah langka untuk didapatkan dan anak zaman sekarang tidaklah mudah untuk diajari membuat kendi tersebut,pemikirannya hanyalah pengen yang cepat dan praktis.tetapi,teko yang terbuat dari bahan plstik itu tidaklah baik untuk tubuh kita karena plastik mengandung komponen yang berbahaya bagi kesehatan ,yaitu bisphenol A(BPA)dan phthalate beda dengan kendi yang mempunyai sifat kekhasannya.

Perubahan sosial busana zaman dahulu dan zaman sekarang 
Seiring berkembangnya arus globalisasi saat ini membuat masyarakat Indonesia hampir kehilangan kebudayaan mereka sendiri terutama di kalangan remaja, karena banyak remaja yang menganggap budaya yang dimiliki bangsa sendiri adalah budaya yang kuno dan tidak sesuai dipakai pada zaman sekarang, salah satunya dalam bidang berpakian. 

Hal ini disebabkan karena semakin pesatnya modernisasi di Indonesia memudahkan pengaruh perubahan sosial pola pemikiran masyarakat Indonesia yang awalnya tradisional menjadi modern, peristiwa ini sebenarnya memberikan dampak positif dan negatif dalam perkembangan di era milenial ini.

Globalisasi adalah suatu fenomena kusus dalam peradaban manusia yang bergerak terus dalam masyarakat global dan merupakan bagian dari perubahan yang dialami oleh masyarakat global. 

Globalisasi bukanlah istilah yang asing bagi kita, karena hal itu sudah mendarah daging dalam aktivitas manusia seperti pakaian, gaya hidup, teknologi dan lain-lain. Globalisasi akan terus berjalan tanpa ada yang bisa menghentikannya.

Globalisasi menimbulkan dampak yang dirasakan oleh masyarakat, dampak itu terbagi menjadi dampak positif dan negatif, dampak positifnya antara lain perubahan tata nilai dan sikap, berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, dan tingkat kehidupan yang semakin membaik. Sedangkan dampak negatifnya adalah pola hidup konsumtif, sikap individualistik, gaya hidup ke barat-baratan, dan kesenjangan sosial.

Modernisasi adalah proses masa kini atau menuju masyarakat modern, dalam hal ini menyebabkan sebuah tantangan yang membawa pengaruh terhadap bangsa Indonesia kepada perilaku peniruan budaya barat, hal ini terjadi pada generasi milenial yang kini lebih menyukai produk luar negri daripada dalam negri.



Pakaian adalah bahan tekstil yang digunakan oleh tubuh sebagai kebutuhan pokok manusia selain makanan, adanya modernisasi membuat gaya berpakaian masyarakat Indonesia semakin berubah kususnya dikalangan remaja. 



Tentu sangat berbeda gaya berpakaian masyarakat Indonesia zaman dulu dan zaman sekarang, kalau dulu masyarakat Indonesia hanya menggunakan pakaian-pakaian sederhana (tradisional) seperti batik, jarik, dan kebaya sebagai ciri khas budaya lokal. Tetapi saat ini masyarakat Indonesia cenderung menggunakan pakaian yang cenderung menirukan gaya berpakaian orang barat.



Gaya hidup masyarakat terus berkembang seiiring dengan perkembangan jaman yang banyak dipengaruhi oleh globalisasi dan modernisasi. 



Nama: Nur Roikhana Zahro
Kelas: XII IPS 2
No:23






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pedoman pernyataan

PENELITIAN GERABAH BALONGAN